ROH SAMUEL?

1 Samuel 28:13 – 14  Maka berbicaralah raja kepadanya: “Janganlah takut; tetapi apakah yang kaulihat?” Perempuan itu menjawab Saul: “Aku melihat sesuatu yang ilahi muncul dari dalam bumi.” Kemudian bertanyalah ia kepada perempuan itu: “Bagaimana rupanya?” Jawabnya: “Ada seorang tua muncul, berselubungkan jubah.” Maka tahulah Saul, bahwa itulah Samuel, lalu berlututlah ia dengan mukanya sampai ke tanah dan sujud menyembah.

Ketika pertama baca ayat ini, saya juga tergelitik..benarkah itu Samuel? kalau benar berarti alkitabiah tradisi pemanggil arwah yang di negara China yang sering di bilang orang-orang tua bisa memanggil arwah leluhur untuk mengetahui bagaimana keadaan mereka di alam sana.

Ternyata…. itu adalah roh jahat yang menyamar sebagai roh Nabi Samuel, menurut hamba Tuhan GYS, landasan alkitab nya adalah:
1. Roh yang baik(Roh Allah) selalu datang dari Bapa, turun dari atas bukan muncul dari bumi. Yakobus 1:17  Setiap pemberian yang baik dan setiap anugerah yang sempurna, datangnya dari atas, diturunkan dari Bapa segala terang; pada-Nya tidak ada perubahan atau bayangan karena pertukaran.

2. Kalau benar itu adalah roh Nabi Samuel, PASTI SELURUH perkataan/nubuatnya terjadi. Ulangan 18:21-22  Jika sekiranya kamu berkata dalam hatimu: Bagaimanakah kami mengetahui perkataan yang tidak difirmankan TUHAN? — apabila seorang nabi berkata demi nama TUHAN dan perkataannya itu tidak terjadi dan tidak sampai, maka itulah perkataan yang tidak difirmankan TUHAN; dengan terlalu berani nabi itu telah mengatakannya, maka janganlah gentar kepadanya.
Perhatikan perkataan yang dikatakan adalah roh Samuel pada 1 Samuel 28 :16-19. Pada ayat 16 s/d ayat 18 semua yang dikatakannya memang benar, tapi perhatikan ayat 19b : “Juga orang Israel bersama-sama dengan engkau akan diserahkan TUHAN ke dalam tangan orang Filistin, dan besok engkau serta anak-anakmu sudah ada bersama-sama dengan daku. Juga tentara Israel akan diserahkan TUHAN ke dalam tangan orang Filistin.” …. seharusnya,  besok hari Saul dan anak-anaknya akan mati dan berjumpa dengan dia(roh Nabi Samuel — ini yang melenakan Saul sehingga lupa untuk bertobat), nyatanya masih ada dua anak perempuan Saul dan Isyboset yang masih hidup (2 Samuel 2:8  Abner  bin Ner, panglima Saul, telah mengambil Isyboset,  anak Saul, dan membawanya ke Mahanaim).

3. Pemanggil arwah selalu berhubungan dengan roh-roh jahat.
Ulangan 18:11-12 seorang pemantera, ataupun seorang yang bertanya kepada arwah atau kepada roh peramal atau yang meminta petunjuk kepada orang-orang mati. Sebab setiap orang yang melakukan hal-hal ini adalah kekejian bagi TUHAN, dan oleh karena kekejian-kekejian inilah TUHAN, Allahmu, menghalau mereka dari hadapanmu….
Masa roh Nabi Samuel berhubungan dengan orang yang melakukan kekejian bagi TUHAN? dan Saul mati karena melakukan hal tersebut ( 1Tawarikh 10: 13-14)

Imo…Akhir jaman sudah semakin dekat, firman-Nya juga berkata bahwa:
1. Ada Yesus, Roh dan Injil yang lain. (2 Korintus 11:4)
2. Penyesatan harus ada, tapi celakalah orang yang mengadakannya (Matius 18:7)
3. Jangan kita terikat pada tradisi, baca dan pahami kehendak Allah melalui firman-Nya

Sebaiknya kita tetap harus waspada dan ujilah segala sesuatunya, apakah betul berasal dari Allah? (1 Yoh 4:1)
ALKITAB adalah SATU-SATUnya pegangan kita sebagai umat Kristiani, jangan kita menambah atau menguranginya. (Wahyu 22:18-19)

Hati-hati dengan pengkultusan manusia, selama ia manusia, ia adalah SAMA dengan kita(sama-sama ciptaan-Nya, tempat salah dan khilaf), tak ada manusia yang sempurna bahkan para rasul yang hidup dan mendapat pengajaran dari Yesus langsung, TIDAK LEPAS dari salah dan khilaf). Kita taroh hormat kepada mereka yang layak kita hormati( terlihat dari perbuatan dan prilakunya yang mencerminkan imannya), bukan pada jabatan, kekuasaan apalagi hanya pada kelimpahan materi yang di milikinya…. Hot issue…Kasus Ibu HM, seorang terkaya di Indonesia, pemuka agama, pembina partai dan ….. tersangka kasus korupsi (pasti agamanya tidak menganjurkan) dan sekarang telah menjadi tahanan KPK. Walau orang bisa bilang, mereka pasti dapat fasilitas mewah didalam tahanan, PASTI tidak senyaman kita yang free. Mereka harus “setor” hanya untuk hal-hal kecil yang bisa kita lakukan dengan bebas di luar.
Biarlah HANYA ALLAH yang menjadi pujaan dan focus kita…semoga kita selalu dalam penyertaan dan bimbingan-Nya agar kita bisa hidup di jalan yang diperkenan-Nya dan setia sampai akhir. Haleluya…

ps
Mengenai roh jahat yang bisa menyamar sebagai leluhur kita untuk menuntut kita melakukan hal-hal keji bagi TUHAN, misal memberi persembahan dll kepada arwah….asik juga menonton Seminar occultisme dari Ev Theodores Tabaraka ini. http://www.youtube.com/watch?v=eiI516i5xPo&feature=relmfu
Selamat menonton, semoga bermanfaat.

Advertisements