Bagaimana Yesus memenangkan semua pencobaan si iblis?
Dengan bersandar/menggunakan firman-Nya
1. Ketika iblis menantang mengubah batu menjadi roti; Tetapi Yesus menjawab: “Ada tertulis: Manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah……. “Jadi Ia merendahkan hatimu, membiarkan engkau lapar dan memberi engkau makan manna, yang tidak kau kenal dan yang juga tidak dikenal oleh nenek moyangmu, untuk membuat engkau mengerti, bahwa manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi manusia hidup dari segala yang diucapkan TUHAN (Ulangan 8:3)

2. Saat iblis mengiming-imingi kemegahan dunia dengan syarat  mau menyembah iblis, Maka berkatalah Yesus kepadanya: “Enyahlah, Iblis! Sebab ada tertulis: Engkau harus menyembah Tuhan, Allahmu, dan hanya kepada Dia sajalah engkau berbakti!”…..  “Engkau harus takut akan TUHAN, Allahmu; kepada Dia haruslah engkau beribadah dan demi nama-Nya haruslah engkau bersumpah. Janganlah kamu mengikuti allah lain, dari antara allah bangsa-bangsa sekelilingmu(Ulangan 6:13-14)

3. Ketika iblis menguji keangkuhan Yesus,Yesus berkata kepadanya: “Ada pula tertulis: Janganlah engkau mencobai Tuhan, Allahmu!”…..Janganlah kamu mencobai TUHAN, Allahmu, seperti kamu mencobai Dia di Masa (Ulangan 6:16)

Lihat…Iblis mencobai dengan memancing keegoan dan juga firman Tuhan(yang di putar balik), dan Yesus juga menjawab dengan bersandarkan firman Tuhan (yang benar).
Firman Tuhan bagaikan pedang bermata dua….  “Sebab firman Allah hidup dan kuat dan lebih tajam dari pada pedang bermata dua manapun; ia menusuk amat dalam sampai memisahkan jiwa dan roh, sendi-sendi dan sumsum; ia sanggup membedakan pertimbangan dan pikiran hati kita.”
“Dan tidak ada suatu makhlukpun yang tersembunyi di hadapan-Nya, sebab segala sesuatu telanjang dan terbuka di depan mata Dia, yang kepada-Nya kita harus memberikan pertanggungan jawab.” (Ibrani 4:12-13)

Dan bagi kita umat jaman anugrah sekarang, pemahaman dan pengertian yang baik dan benar akan Firman Tuhan sangat perlu. Orang bisa memakai penggalan ayat untuk menyerang kita sesuai dengan keperluannya menghancurkan kita seperti iblis menggunakannya saat mencobai Yesus.

I Yohanes 2:15 Janganlah mencintai dunia ini, atau apa saja yang ada di dalam dunia ini. Kalau kalian mencintai dunia, kalian tidak mencintai Bapa.
2:16 Segala sesuatu yang ada di dalam dunia ini–yang diinginkan oleh tabiat manusia yang berdosa, yang dilihat lalu diingini dan yang dibangga-banggakan–semuanya adalah hal-hal yang tidak berasal dari Bapa, melainkan dari dunia…….imo, bukan berarti kita harus “tidak punya apa-apa”, mencintai dunia maksudnya memberhalakan materi, menomorsatukan materi dan keduniawian.

Bukan bermaksud menghakimi…Menarik menyimak kasus Murdaya Poo, Hartati Murdaya, para direktur perusahaannya yang banyak yang membuat dia dan keluarganya berkelimpahan materi, menjadi orang terkaya nomer sekian di Indonesia, politikus, pembina partai(apa yang dibinanya ya?), pemuka agama lagi….di ujungnya…menjadi tersangka kasus korupsi, lalu buat apa semua yang telah di kumpulkannya? Menyedihkan😦

Matius 26:41   Berjaga-jagalah dan berdoalah, supaya kamu jangan jatuh ke dalam pencobaan: roh memang penurut, tetapi daging lemah.”
 
Mudah-mudahan bermanfaat…thank you to Pdt Nathan Dermawan