MATIUS 4 ; PENCOBAAN DI PADANG GURUN (Kotbah Pdt Nathan Dermawan)

Matius 4 : 1-12 menceritakan bagaimana Yesus dicobai iblis…dari padang gurun, saat Yesus lapar setelah berpuasa selama 40 hari dan 40 malam.
1. Iblis mencobai Yesus dengan menantang Yesus untuk mengubah batu menjadi roti; Pencobaan keinginan daging. Jaman sekarang pencobaan kedagingan tsb dapat disetarakan dengan immoralitas dan biasanya melanda anak-anak muda…misalnya free sex, mabok-mabokan, narkoba; mereka melakukan bahkan hanya sekedar untuk merasa “hebat” dan tidak di cap ketinggalan jaman.

II Timotius 2:22   Sebab itu jauhilah nafsu orang muda, kejarlah keadilan, kesetiaan, kasih dan damai bersama-sama dengan mereka yang berseru kepada Tuhan dengan hati yang murni. ayar 23   Hindarilah soal-soal yang dicari-cari, yang bodoh dan tidak layak. Engkau tahu bahwa soal-soal itu menimbulkan pertengkaran,

I Korintus 15:33   Janganlah kamu sesat: Pergaulan yang buruk merusakkan kebiasaan yang baik.

2. Iblis akan memberikan semua kemegahan dunia yang diperlihatkannya dari atas gunung bila Yesus mau menyembah iblis. Jadi jangan salah sangka, hidup mewah/megah di dunia tidak semua adalah berkat Tuhan, bisa saja itu dari iblis dan ujung-ujungnya adalah sengsara(misalnya seperti yang kita saksikan sekarang di TV, banyaknya pejabat bahkan pemuka agama yang di tuduh korupsi bahkan di penjara! padahal mereka PASTI tau bahwa apa yang mereka lakukan sebelumnya itu adalah tidak benar tapi demi tebalnya kantong/kemegahan di dunia, tetap mereka lakukan walaupun dengan penuh “hati-hati”- salah satunya dengan berbagi sesama rekan untuk menutupi “rekam jejak” kejahatannya).
Hal demikian biasanya banyak melanda orang-orang  dewasa, yang terobsesi materialisme! Keberhasilan orang dewasa di setarakan dengan berlimpahnya materi, terpuaskannya keinginan mata.

3. Terakhir, Yesus di cobai dengan menantang-Nya menjatuhkan diri dari bubungan Bait Suci.
Ini disetarakan dengan : Keangkuhan hidup, dan biasanya melanda kaum senior/ kaum tua-tua yang merasa sudah berpengalaman dan mengerti banyak, juga hamba Tuhan dan Guru. Seperti yang diceritakan Pdt Nathan kala istrinya Meru Susana komplain ke beliau🙂

Mengapa Yesus mengalami pencobaan?
Ibrani 2:18  Sebab oleh karena Ia sendiri telah menderita karena pencobaan, maka Ia dapat menolong mereka yang dicobai.

Ibrani 4:14-15  Karena kita sekarang mempunyai Imam Besar Agung, yang telah melintasi semua langit, yaitu Yesus, Anak Allah, baiklah kita teguh berpegang pada pengakuan iman kita.
Sebab Imam Besar yang kita punya, bukanlah imam besar yang tidak dapat turut merasakan kelemahan-kelemahan kita, sebaliknya sama dengan kita, Ia telah dicobai, hanya tidak berbuat dosa.

Bagaimana Yesus memenangkan semua pencobaan si iblis?………..Bersambung, karena menurut Indra, jangan kepanjangan kalau menulis hehehehehehe