Tulisan ini adalah pendapat pribadi yang terangkum dari kotbah-kotbah hamba Tuhan dan terolah dengan suara hati pribadi.

Alkitab adalah Kitab yang jujur, dia beritahu yang baik untuk menjadi teladan bagi kita dan juga menulis yang tidak baik untuk kita pakai sebagai alat agar kita waspada dan bisa mengambil pelajaran dari kisah yang tidak baik itu.

Entah itu sebagai kelemahan ataupun kelebihan saya pribadi, saya tidak pernah mengidolakan seseorang (beda dengan favorit khan?)…bagi saya favorit masih bisa maklum bahwa mereka juga manusia, suatu saat bisa melakukan kesalahan dan kekeliruan. Kita bisa menghormati mereka selama mereka layak di hormati , kalau idola menurut saya…menjurus kearah fanatik, “Benar atau salah mereka adalah idola saya”( bercermin dari kasus Ariel yang tetap di puja walau telah di napikan).

Manusia adalah tempat salah dan khilaf dan “nilai” hidupnya baru bisa di rangkum setelah dia finish, sampai garis akhir menghadap/kembali kepada Sang Penciptanya. Entah itu nabi, rasul, hamba Tuhan, jemaat biasa bahkan orang “jahat” sekalipun.
Semua bisa berubah, yang awalnya alim (lurus) bisa jadi dursila, yang awalnya bejat bisa menjadi lurus kalau dia sempat bertobat.
So…. jangan pernah menyembah/menguduskan manusia; manusia yang lahir dari daging.Sungguh berbeda dengan Yesus/Isa Almasih yang diakui oleh paling tidak 2 kitab suci bahwa DIA lahir bukan dari daging, melainkan dari Roh Kudus, yang lahir dari Perawan Maria. Beda dengan saudara-saudara Yesus yang lahir sebagai hasil hubungan badan antara Yusuf dan Maria. Baca ini http://www.gotquestions.org/indonesia/saudara-Yesus.html

Beberapa contoh bahwa manusia bisa berubah yang tertulis di Alkitab
1. Lot ; adalah orang yang benar di Sodom (II Petrus 2:7-8), tapi saat dia dan kedua putrinya tinggal mengungsi di gua dalam pelariannya, dia malah tidak mampu mempertahankan jalan hidupnya yang benar, padahal waktu di Sodom dia menderita melihat/menyaksikan cara kehidupan di Sodom.

2.Hizkia ; satu-satunya raja yang pada hari pertamanya bertahta memerintahkan untuk memperbaiki rumah Tuhan (II Taw 29:3 dan 30:26), dan dapat menyelesaikannya dalam 16 hari, sesuatu yang luar biasa!, Hizkia juga yang kembali merayakan Hari Raya Paskah(Passover).
Hizkia berubah menjadi angkuh/sombong setelah menerima tanda ajaib dari Tuhan dengan perpanjangan usia 15 tahun lagi (II Taw 32:24) tapi dia segera menyadari keangkuhannya dan kembali merendahkan diri (ayat 26).

3.Elia ; yang berani menghadapi 450 orang nabi-nabi Baal dan 400 orang nabi-nabi Asyera        (I Raja-raja 18:18-19) dan mengalami penyertaan Tuhan langsung, merasa takut saat mendengar ancaman Izebel walau hanya lewat orang suruhan , tidak berhadapan langsung dengan Izebelnya.

Mungkin hanya Ishak yang agak sedikit ideal, selain beda kasihsayang terhadap anaknya yang kembar yang berbeda kesukaan/hobby, Ishak setia pada 1 istri walaupun dia kaya raya dan masih bercumbu-cumbuan pada usia lanjut (Ishak menikah umur 40 th + 20 th baru dapat anak ), jadi paling tidak Ishak sudah berumur 80th an pada saat itu, pad saat Esau sudah pandai berburu.

Saat menulis ini di TV berkoar-koar orang yang mengaku ahli agama yang bilang  jaman nabi  merupakan jaman yang sempurna, tapi ia juga memaparkan nabi menolak pemberian sebagian zakat yang dikumpulkan, mungkin itu sudah jadi kebiasaan para sahabat pengumpul zakat yg disebutnya juga sebagai (mungkin) ini cikal bakal prilaku korupsi.(Menjawab pertanyaan wartawan tentang maraknya korupsi di negeri ini, padahal pergi berhaji juga antri tahunan-bukannya tidak sedikit Haji lagi tapi dah over, bahkan Kitab Sucipun jadi objek korupsi).

(Banjarism) Haissssss!! Kada konsisten lalu panderan. Ujar pang  jaman sempurna…emangnya surga? Kededa  kejahatan dan niat jahat lagi? Selain Yudas yang berkhianat padahal hidup bersama Yesus dan menyaksikan mujizat/karya Allah langsung, Israel bangsa pilihan pun bolak-balik menyakiti hati Tuhan. Bahkan Adam dan Hawa yang diciptakan Allah langsung dari tanganNya sendiri aja masih di kuasai dosa…..Logika laaaaah …jangan asalan aja bepender, urang jaman sekarang kada kawa lagi menerima panderan asal bunyi aja…..:D

Happy Friday……………Selamat menjelang Hari Sabat