Umat kristiani mengimani bahwa Yesus adalah Imam Besar yang lahir dari Roh(tanpa dosa) dan selama hidupNya tidak pernah berbuat dosa,walau juga dicobai seperti kita…. lalu mengapa Ia dibaptis?

Penjelasan Pdt Nathan Dermawan in my words
1. Semuanya dilakukan demi menggenapi kehendak Tuhan (Matius 3:15  Lalu Yesus menjawab, kata-Nya kepadanya: “Biarlah hal itu terjadi, karena demikianlah sepatutnya kita MENGGENAPKAN SELURUH KEHENDAK ALLAH.” Dan Yohanespun menuruti-Nya.
2. Memberi teladan agar di ikuti oleh murid-murid-Nya.

Baptis bukan hanya sekedar syarat untuk masuk agama Kristen, bukan hanya untuk masuk gereja tertentu atau organisasi gereja tertentu, tapi baptisan yang BENAR berkaitan dengan PENGAMPUNAN DOSA kita ( Kisah Rasul 2:38  Jawab Petrus kepada mereka: “BERTOBATLAH dan hendaklah kamu masing-masing memberi dirimu DIBAPTIS DALAM NAMA YESUS KRISTUS untuk PENGAMPUNAN DOSAMU, maka kamu akan menerima karunia Roh Kudus.

Baptisan bukan hanya sekedar dengan air(apa bedanya dengan mandi?) atau dengan mencium bendera, tapi melalui air dan Roh (Yohanes 3:5 Jawab Yesus: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya JIKA SEORANG TIDAK DILAHIRKAN DARI  AIR  dan  ROH, IA TIDAK DAPAT MASUK KE DALAM KERAJAAN ALLAH. 3:6  Apa yang dilahirkan dari daging, adalah daging, dan apa yang dilahirkan dari Roh, adalah roh. 3:7  Janganlah engkau heran, karena Aku berkata kepadamu: KAMU HARUS DILAHIRKAN KEMBALI.

Baptisan diartikan sebagai KELAHIRAN BARU(secara rohani), seperti yang tertulis di 2 Korintus 5:17 Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru:  yang lama sudah berlalu, sesungguhnya YANG BARU SUDAH DATANG.

Baptisan berarti kita mati dan bangkit kembali di dalam Kristus
Roma  6:3  Atau tidak tahukah kamu, bahwa kita semua yang telah dibaptis dalam Kristus, telah dibaptis dalam kematian-Nya?
6:4  Dengan demikian kita telah dikuburkan bersama-sama dengan Dia oleh baptisan dalam kematian, supaya, sama seperti Kristus telah dibangkitkan dari antara orang mati oleh kemuliaan Bapa, demikian juga kita akan hidup dalam hidup yang baru.
6:5  Sebab jika kita telah menjadi satu dengan apa yang sama dengan kematian-Nya, kita juga akan menjadi satu dengan apa yang sama dengan kebangkitan-Nya
Di baptis = di kubur dalam kematian-Nya! Bagaimana kematian-Nya? Yoh 19:30  Sesudah Yesus meminum anggur asam itu, berkatalah Ia: “Sudah selesai. ” LALU IA MENUNDUKKAN KEPALA-NYA dan menyerahkan nyawa-Nya.
Yesus di baptis di Sungai Yordan(air hidup), bukan di percik atau di kolam, padahal banyak kolam pada masa itu…(kolam Betesda, kolam  Siloam, Filipus pun membaptis sida-sida dari Ethiopiadi Oase(sumber air).
Di baptis dalam nama siapa?
Perintah-Nya : Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa  murid-Ku dan baptislah  mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus,(Matius 28:19)
“DALAM NAMA BAPA DAN ANAK DAN ROH KUDUS”
Siapakah nama Bapa? Yohanes 17:11 Dan Aku tidak ada lagi di dalam dunia, tetapi mereka masih ada di dalam dunia, dan Aku datang kepada-Mu. YA BAPA YANG KUDUS, PELIHARALAH MEREKA DALAM NAMA-MU, YAITU NAMA-MU YANG TELAH ENGKAU BERIKAN KEPADA-KU(Yesus), supaya mereka menjadi satu sama seperti Kita

Siapakah nama Anak?  Lukas  1:31 Sesungguhnya engkau akan mengandung dan akan melahirkan SEORANG ANAK LAKI-LAKI dan hendaklah engkau MENAMAI DIA YESUS.

Siapakah Roh Kudus? Roh Kudus = Roh Yesus, Kisah Rasul 16:6  Mereka melintasi tanah Frigia dan tanah Galatia, karena  ROH KUDUS mencegah mereka untuk memberitakan Injil di Asia.16:7 Dan setibanya di Misia mereka mencoba masuk ke daerah Bitinia, tetapi ROH YESUS tidak mengizinkan mereka.
Dan murid-murid Yesus pun membaptis Dalam Nama Tuhan Yesus Kristus(Kis 19:5 dan Kis 2:38), karena mereka telah mengetahui siapa nama Bapa, anak dan Roh Kudus.
Baptisan harus dalam air dan Roh, karena Roh lah yang akan menjadi saksi kita. 1 Yohanes 5:6. Inilah Dia yang telah datang dengan air dan darah, yaitu Yesus Kristus, bukan saja dengan air, tetapi dengan air dan dengan darah. Dan Rohlah yang memberi kesaksian, karena Roh adalah kebenaran.
Jadi kalau kita telah menerima baptisan air, jangan bosan-bosan meminta Roh Kudus-Nya, karena itulah jaminan kita untuk masuk kedalam Kerajaan Allah seperti yang telah di sebutkan di atas ( Yohanes 3:5).
IMANUEL…………….