Keterangan Pdt Dede I G dalam KTB di rumah Sdr Akiong/Lily  07 Juni 2012.

Roma 10:9 Sebab jika kamu mengaku dengan mulutmu, bahwa Yesus adalah Tuhan, dan percaya dalam hatimu, bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati, maka kamu akan diselamatkan.
10:10 Karena dengan hati orang percaya dan dibenarkan, dan dengan mulut orang mengaku dan diselamatkan.
10:11 Karena Kitab Suci berkata: “Barangsiapa yang percaya kepada Dia, tidak akan dipermalukan.”
10:12. Sebab tidak ada perbedaan antara orang Yahudi dan orang Yunani. Karena, Allah yang satu itu adalah Tuhan dari semua orang, kaya bagi semua orang yang berseru kepada-Nya.
10:13 Sebab, barangsiapa yang berseru kepada nama Tuhan, akan diselamatkan.

Perhatikan ayat 9…siapa yang MENGAKU DAN PERCAYA akan diselamatkan, sebaliknya pada ayat 13, seolah-olah hanya dengan BERSERU saja kepada nama Tuhan, akan diselamatkan.

Kita pasti mengetahui bahwa “berseru” berbeda dengan “mengaku dan percaya“, tapi jangan salah…Ayat ini (Kitab Roma) di tujukan kepada jemaat yang telah dipanggil menjadi milik Kristus. (Roma  1:6  Kamu juga termasuk di antara mereka, kamu yang telah dipanggil menjadi milik Kristus.

1:7  Kepada kamu sekalian yang tinggal di Roma, yang dikasihi Allah, yang dipanggil dan dijadikan orang-orang kudus: Kasih karunia menyertai kamu dan damai sejahtera dari Allah, Bapa kita, dan dari Tuhan Yesus Kristus).

Bagaimana kita bisa menjadi milik Kristus? Galatia 3:27   Karena kamu semua, yang dibaptis dalam Kristus, telah mengenakan Kristus.
3:28   Dalam hal ini tidak ada orang Yahudi atau orang Yunani, tidak ada hamba atau orang merdeka,  tidak ada laki-laki atau perempuan, karena kamu semua adalah satu di dalam Kristus Yesus.
3:29 Dan jikalau kamu adalah milik Kristus, maka kamu juga adalah keturunan Abraham dan berhak menerima janji  Allah.

Karena Baptisan berkaitan dengan keselamatan (berhak menerima janji Allah), berarti Baptisan adalah PENTING, kita harus di baptis dengan BENAR!
Bagaimana baptisan yang benar? Teladanlah apa yang telah dilakukan Yesus Kristus dan murid-murid-Nya seperti yang tertulis di Alkitab.
Mudahan bermanfaat, semua hanya bagi Kemuliaan Nama Yesus. Allah kita yang Esa dan Maha Kuasa.

Link to https://sannigunawan.wordpress.com/2010/03/08/baptisan-selam-air/