HATI-HATI LAH SEKALI – sebab kamu TIDAK MELIHAT SESUATU RUPA pada hari TUHAN berfirman padamu, kata Musa, JANGAN-lah membuat bagimu patung yg serupa manusia, binatang maupun tentara langit yang justru DIBERIKAN TUHAN u/segala bangsa di kolong langit.(Ulangan 4:12-20)… Dan hebatnya kepemimpinan Musa, dia mengaku bahwa dia di hukum(karena bgs Israel) tapi tetap membimbing/menasehati rakyatnya u/tetap setia dan selalu hati-hati/waspada terhadap apa yang di murka Allah agar rakyatnya selamat, tidak mendapat murka Allah seperti dirinya.

Kitab Ulangan: 4:2  Janganlah kamu menambahi apa yang kuperintahkan kepadamu dan janganlah kamu menguranginya, dengan demikian kamu berpegang pada perintah TUHAN, Allahmu, yang kusampaikan kepadamu.

4:9 Tetapi waspadalah dan berhati-hatilah, supaya jangan engkau melupakan hal-hal yang dilihat oleh matamu sendiri itu, dan supaya jangan semuanya itu hilang dari ingatanmu seumur hidupmu. Beritahukanlah kepada anak-anakmu dan kepada cucu cicitmu semuanya itu,

4:10 YAKNI hari itu ketika engkau berdiri di hadapan TUHAN, Allahmu, di Horeb, waktu TUHAN berfirman kepadaku: Suruhlah bangsa itu berkumpul kepada-Ku, maka Aku akan memberi mereka mendengar segala perkataan-Ku, sehingga mereka takut kepada-Ku selama mereka hidup di muka bumi dan mengajarkan demikian kepada anak-anak mereka.

4:12 Lalu berfirmanlah TUHAN kepadamu dari tengah-tengah api; suara kata-kata kamu dengar, tetapi suatu rupa tidak kamu lihat, HANYA ADA SUARA.

4:13 Dan Ia memberitahukan kepadamu perjanjian, yang diperintahkan-Nya kepadamu untuk dilakukan, yakni Kesepuluh Firman dan Ia menuliskannya pada dua loh batu.

4:15 Hati-hatilah sekali–sebab kamu TIDAK MELIHAT SESUATU RUPA pada hari TUHAN berfirman kepadamu di Horeb dari tengah-tengah api–

4:16 supaya jangan kamu berlaku busuk dengan membuat bagimu patung yang menyerupai berhala apapun: yang berbentuk laki-laki atau perempuan;

4:17 yang berbentuk binatang yang di bumi, atau berbentuk burung bersayap yang terbang di udara,

4:18 atau berbentuk binatang yang merayap di muka bumi, atau berbentuk ikan yang ada di dalam air di bawah bumi;

4:19 dan juga supaya jangan engkau mengarahkan matamu ke langit, sehingga apabila engkau melihat matahari, bulan dan bintang, segenap tentara langit, engkau disesatkan untuk sujud menyembah dan beribadah kepada sekaliannya itu, yang justru diberikan TUHAN, Allahmu, kepada segala bangsa di seluruh kolong langit sebagai bagian mereka,

4:21 Tetapi TUHAN menjadi murka terhadap aku oleh karena kamu, dan Ia bersumpah, bahwa aku tidak akan menyeberangi sungai Yordan dan tidak akan masuk ke dalam negeri yang baik, yang diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu menjadi milik pusakamu.

4:23 HATI-HATILAH, supaya jangan kamu melupakan perjanjian TUHAN, Allahmu, yang telah diikat-Nya dengan kamu dan membuat bagimu patung yang menyerupai apapun yang oleh TUHAN, Allahmu, DILARANG kauperbuat.

4:24 Sebab TUHAN, Allahmu, adalah api yang menghanguskan, Allah yang cemburu.

4:25 Apabila kamu beranak cucu dan kamu telah tua di negeri itu lalu kamu BERLAKU BUSUK DENGAN MEMBUAT PATUNG yang menyerupai apapun juga, dan melakukan apa yang jahat di mata TUHAN, Allahmu, sehingga kamu MENIMBULKAN SAKIT HATI-NYA,

4:39 Sebab itu ketahuilah pada hari ini dan camkanlah, bahwa Tuhanlah Allah yang di langit di atas dan di bumi di bawah, tidak ada yang lain.

4:40 Berpeganglah pada ketetapan dan perintah-Nya yang kusampaikan kepadamu pada hari ini, SUPAYA BAIK KEADAANMU dan keadaan ANAK-ANAKMU yang kemudian, dan supaya lanjut umurmu di tanah yang diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu untuk selamanya.”

Kebenaran-NYA demi kemuliaan nama-NYA. Imanuel