Pendalaman Kitab Matius 2:1-12 oleh Pdt Nathan Dermawan, in my words.

Matius 2:1
Orang Majus datang ke Yerusalem untuk menyembah Dia, raja orang Yahudi yang baru dilahirkan. Dan perjalanan orang Majus ke Israel tertulis di Ezra 7:9  Tepat pada tanggal satu bulan pertama ia memulai perjalanannya pulang dari Babel dan tepat pada tanggal satu bulan kelima ia tiba di Yerusalem……. 4(EMPAT) BULAN perjalanan! ………..Teladan untuk  kita yang hidup di jaman anugrah ini…Adakah “passion” kita untuk datang ke rumah-Nya menyembah Allah sebesar “passion” orang Majus?

Seperti Yesus bertanya kepada para muridnya: “Apakah  yang kamu cari? (Yohanes 1:38)  ….. Apa yang kita cari saat kita ke rumah-Nya? Hanya mencari berkat jasmani(roti) seperti yang tertulis di Yoh 6:26  Yesus menjawab mereka: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya kamu mencari Aku, bukan karena kamu telah melihat tanda-tanda, melainkan KARENA KAMU TELAH MAKAN ROTI ITU DAN KAMU KENYANG  atau karena  “JABATAN”, seperti yang di pertengkarkan murid-murid Yesus (Markus 9:4  Tetapi mereka diam, sebab di tengah jalan tadi mereka mempertengkarkan SIAPA YANG TERBESAR  di antara mereka……lalu kalau kita dalam kesusahan dan tidak lagi berjabatan, malas-malasan ke gereja bahkan “menghilang” sebagai tanda komplain kepada Tuhan? ….

Matius 2:10
Orang-orang Majus bersukacita ketika menemukan lokasi Yesus dilahirkan….. Sebaiknya kita juga sama dengan orang-orang Majus , BERSUKACITA saat datang/hadir di rumahNya seperti yang dilakukan Daud di Mazmur 122:1 Nyanyian ziarah Daud. Aku bersukacita, ketika dikatakan orang kepadaku: “Mari kita pergi ke rumah TUHAN.

Matius 2:11
Maka masuklah mereka ke dalam rumah itu dan melihat Anak itu bersama Maria, ibu-Nya, lalu sujud menyembah Dia………..Orang-orang Majus masuk menyembah (bayi)Yesus , bukan menyembah kepada Maria dan Yusuf yang adalah orang tua Yesus.
Maria memang perawan pada saat mengandung Yesus, tapi sesudah itu Maria melahirkan saudara-saudara Yesus bukan lagi sebagai perawan tapi hasil hubungan suami istri dengan Yusuf suaminya.( Matius 13:55 Bukankah Ia ini anak tukang kayu? Bukankah ibu-Nya  bernama Maria dan SAUDARA-SAUDARA-NYA: Yakobus, Yusuf, Simon dan Yudas? 13:56 Dan bukankah SAUDARA-SAUDARA-NYA PEREMPUAN semuanya ada bersama kita? Jadi dari mana diperoleh-Nya semuanya itu?”….Dalam Matius 13:55-56 ini menyebutkan paling tidak ada 6(enam) saudara/adik-adik Yesus. Maria hanya perantara lahirnya “manusia” Yesus. FirmanNya juga menulis dengan jelas orang-orang Majus menyembah (bayi) Yesus, Sang Juru Selama, tidak menyembah Maria dan Yusuf sebagai orang tua yang harus di hormati.………Saat kita ke gereja, siapa yang kita sembah? Allah yang Roh dan Esa? atau kita terpukau oleh kharisma pendeta/penyampai firman? oleh tim pujian? atau oleh bangunan gerejanya yang megah/mewah? Jangan sampai kita SALAH sembah! Bukan nya kita berbakti/bersyukur atas segala berkatNya, malah kita bisa mendukakan DIA.

Setelah menyembah, orang-orang Majus mempersembahkan persembahan yang dibawanya…..Teladan yang bisa kita ambil….Orang-orang Majus datang menyembah Allah dengan telah mempersiapkan persembahan; adakah kita juga kerumah Allah dengan mempersiapkan persembahan? atau dengan tangan hampa? ….. Ulangan 16:16……. Janganlah ia menghadap hadirat TUHAN dengan tangan hampa 16:17 tetapi masing-masing DENGAN SEKEDAR PERSEMBAHAN, SESUAI DENGAN BERKAT YANG DIBERIKAN KEPADAMU OLEH TUHAN, ALLAHMU…. Imanuel.