Rame-rame soal “penyesatan/pencucian otak”,oleh Muslim maupun Kristiani (NII dan Open Heaven Ministry), dan kebetulan bacaanku sampai Yeremia….Aku tergelitik untuk sharing, tentu saja ini “tafsir” ku, dan selama aku tidak berniat jahat, sah sah aja aku bertafsir ria sendiri …Aku adalah umat-Nya yang berusaha memahami firman-Nya untuk “mendamaikan” diriku terhadap dunia ini.

Sembahan kita hanya satu, TUHAN yang Maha Esa, yang menciptakan langit,bumi dan segala isinya.Hormat dan takut kita hanya bagi-Nya.
Terhadap para pemimpin kita di dunia ini?
Imo sebagai umat kristen GYS, tarohlah hormat kita sesuai dengan teladan(baik dan benar)mereka.Janganlah kita memuja apalagi memuliakan manusia.Yesus pun tak ingin “kemanusiaan”Nya di muliakan,DIA hanya perintahkan agar kita memperingati kematianNya, karena dengan dengan kematian-Nya lah Ia telah menebus kita dari segala dosa kita dengan darah-Nya yang suci(Dia lahir karena “Janji” bukan karena daging – Kematian-Nya adalah nubuat penggenapan)

Firman-Nya mencatat,
Yesaya 3:12: ……Hai umat-Ku, pemimpin-pemimpinmu adalah penyesat, dan jalan yang kamu tempuh mereka kacaukan!

Yesaya 9:15: Sebab orang-orang yang mengendalikan bangsa ini adalah penyesat, dan orang-orang yang dikendalikan mereka menjadi kacau

Kita hendaknya selalu waspada,termasuk dari penyesatan oleh pemimpin rohani kita
Yeremia 12:10 Banyak gembala telah merusakkan kebun anggur-Ku, memijak-mijak tanah-Ku, dan membuat tanah kedambaan-Ku menjadi padang gurun yang sunyi sepi.

Yeremia 2:8 Para imam tidak lagi bertanya:Dimanakah TUHAN? Orang-orang yang melaksanakan hukum tidak mengenal Aku lagi,dan para gembala mendurhaka terhadap Aku.Para nabi bernubuat demi Baal,mereka mengikuti apa yang tidak berguna.

Yeremia 6:13 Sesungguhnya, dari yang kecil sampai yang besar di antara mereka, semuanya mengejar untung, baik nabi maupun imam semuanya melakukan tipu.
6:14 Mereka mengobati luka umat-Ku dengan memandangnya ringan, katanya: Damai sejahtera! Damai sejahtera!, tetapi tidak ada damai sejahtera.
6:15 Seharusnya mereka merasa malu, sebab mereka melakukan kejijikan; tetapi mereka sama sekali tidak merasa malu dan tidak kenal noda mereka. Sebab itu mereka akan rebah di antara orang-orang yang rebah; mereka akan tersandung jatuh pada waktu Aku menghukum mereka, firman TUHAN.”

Yeremia 5:31 Para nabi bernubuat palsu dan para imam mengajar dengan sewenang-wenang, dan umat-Ku menyukai yang demikian! Tetapi apakah yang akan kamu perbuat, apabila datang kesudahannya? (ket: Mereka yang dipercayai untuk memelihara kesejahteraan rohani bangsa itu bersalah karena berkhianat terhadap Allah.
1) Para nabi telah menolak firman Allah dan menubuatkan hanya hal-hal baik yang akan terjadi. Mereka kurang menyampaikan tuntutan moral kepada umat itu, dan umat itu senang dengan keadaan tersebut.
2) Para imam memerintah umat itu sesuai dengan gagasan mereka sendiri dan bukan sesuai dengan firman Allah. Jadi, para nabi dan imam itu menghibur bangsa itu dengan keamanan palsu. Yeremia menyatakan bahwa tidak ada keamanan sungguh di hadapan Allah terlepas dari pertobatan sejati dan komitmen untuk menaati firman-Nya.

Yeremia 7:4 Janganlah percaya kepada perkataan dusta yang berbunyi: Ini bait TUHAN, bait TUHAN, bait TUHAN,

Matius 7:15 7:15. “Waspadalah terhadap nabi-nabi palsu yang datang kepadamu dengan menyamar seperti domba, tetapi sesungguhnya mereka adalah serigala yang buas.

Matius 24:4. Jawab Yesus kepada mereka: “Waspadalah supaya jangan ada orang yang menyesatkan kamu!
24:5 Sebab banyak orang akan datang dengan memakai nama-Ku dan berkata: Akulah Mesias, dan mereka akan menyesatkan banyak orang.

jadi..Jangan heran! dan selalulah WASPADA!
Takut dan hormatlah hanya pada TUHAN kita,rajin baca Kitab Suci untuk mengenali “jalan” yang diberi-Nya, mohonlah Roh Kudus memimpin dan membimbing agar kita tidak salah mengerti. Merasa ragu-ragu? tanya hamba Tuhan , via sms atau bbm, agar tidak menganggu kalau-kalau beliau lagi sibuk dengan tugas masing-masing🙂
Kemuliaan hanya bagi TUHAN.