Menarik membaca Kitab Ester,In My Opinion,mengenai tokoh-tokoh disekeliling Raja Ahasyweros,berlandaskan akal budiku (yang diberiNYA dan “rekaman” dari penyampaian firmanNya oleh para hamba Tuhan….

Ratu Wasti ;sangat elok rupanya tapi prilakunya menyebabkan keluar titah raja “Setiap laki-laki harus menjadi kepala dalam rumah tangganya……(Ester 1:22)

Ester;Elok rupa dan lakunya sehingga raja mengangkat dia menjadi pengganti ratu Wasti(Ester 2:17).Ester tidak mengambil hak atas Mordekhai (Ester 2:22)

Mordekhai,berhasil mendidik Ester dengan benar,tidak sembarangan menaroh hormatnya pada orang yang tidak layak dihormati( Haman).Hidup jujur dan benar.

Haman; yang sakit hati karena tidak mendapat hormat dari Mordekhai lalu merancang hal jahat untuk Mordekhai,over PD untuk dirinya sendiri,merasa layak menerima kehormatan dari raja(Ester 5:6-9)

Zeresy(istri Haman),bukannya ia mendinginkan hati Haman yang panas karena tidak mendapat hormat Mordekhai(misalnya:”Sudahlah bang….ngapain perlu hormat manusia,mari kita jalani dan lakukan tugas dan bagian kita masing-masing spt sering di tulis Nico K ^_^ eh,malah dia mengompor-ngompori Haman menyuruh orang membuat tiang untuk menyula Mordekhai.
Akhirnya malah suaminya sendiri yang disula diatas tiang hasil rancangannya sendiri.

Jalan Tuhan,yang tak terselami dan selalu tepat!!
Bagaimana Raja tidak dapat tidur,lalu minta dibacakan kitab pencatatan sejarah dan mendapati jasa Mordekhai yang belum dibayar.

Bagaimana Haman tepat berada di pelataran istana seperti yang ditanyakan raja untuk menjadi orang tempat raja bertanya tentang kehormatan apa yang layak diberikan kepada Mordekhai.Padahal Haman datang dengan niat jahat kepada Mordekhai.
Dan Haman yang over PD membeberkan kehormatan yang seharusnya (dirinya) terima,ternyata semuanya diberikan kepada Mordekhai, musuh bebuyutannya(Haman memendam dendam karena ego nya kepada Mordekhai).Hati Haman berisi iri dan dengki kepada Mordekhai.

Bagaimana posisi Haman(yang memohon nyawanya kepada Ester),yang menuntaskan amarah Raja sampai akhirnya keluat titah Raja agar Haman di sulakan di tiang yang dia bikin untuk Mordekhai.(Ester 7:7-8)

Pelajaran yang sementara ini ada dibenakku
Hiduplah jujur dan benar sesuai dengan batas-batas norma masyarakat dan terutama panduan Kitab Suci kita masing-masing —–>Rajin baca Alkitab(bagi yang Kristen),supaya kita tahu dan mengerti patokan hidup selama di dunia ini untuk sangu kita sesudah kita mengakhiri hidup kita didunia dan menjalani alam kekal,alam sesudah kematian….

Yang bisa menilai kita adalah orang disekitar kita,jadi jangan alergi terhadap kritik yang ditujukan kepada kita dan jangan juga kita takut mengritik orang-orang tersayang kita agar mereka tahu dan bisa intropeksi diri(jangan seperti Zeresy,memuaskan ego suaminya) akhirnya mencelakakan suaminya sendiri.

Gimana dengan anda para reader? masukan dan sharringnya diharapkan…..