Ilustrasi menarik dari kotbah Pdt Barnabas Sabath siang ini di GYS Gatot (kata Pdt nya ,dia dapat di Lion air magazine :D)

Ada 2(dua) orang tukang batu yang sedang memasang bata disebuah lokasi bangunan rumah.Ketika ditanya :”Sedang apa?”
Yang satu menjawab:”Sedang memasang bata”
Yang satunya lagi menjawab:”Sedang membikin dinding ruang tamu,ukuran bidang ini
4m x4,5m tingginya 3,5 m,disampingnya ruang makan,lalu dapur,dipojok kanan depan ada taman kering,ruang tidur utamanya letaknya di lantai atas ……bla..bla…bla”

Lihat perbedaannya?
Yang pertama,sebagai seorang buruh,dia hanya taat,bekerja sesuai yang diperintahkan.
Terus dan tekun memasang bata;yang akan dia hasilkan adalah sebidang dinding panjang dan tinggi dan akhirnya akan roboh menimpa dia sendiri karena telah melewati limit kewajaran.

Yang kedua,juga seorang buruh,tapi ia mau menyimak dan memperhatikan ,bekerja dengan berwawasan ke depan(mengombinasikan optimis dan kekuatiran),dengan detail yang lengkap di benaknya.
Dia tahu dan mengerti harus bagaimana bekerja supaya hasilnya maksimal dan sesuai dengan yang direncanakan.Dialah yang akan berhasil membangun suatu bangunan rumah yang indah.

imo….Sebagai pemimpin proyek,ada 2 type pemimpin

1.Pemimpin yang selalu siap memberi komando/perintah,selalu mengawasi pekerjaan para pekerjanya ,pemimpin yang mempunyai kepuasan tersendiri karena ia merasa dan memposisikan diri sebagai orang yang selalu diperlukan.

2.Pemimpin yang memberi pengertian yang detail kepada pekerjanya sampai mengerti,memberi kesempatan pekerjanya untuk mengembangkan diri lalu meminta pertanggungjawaban pekerjanya pada saat proyek selesai.

Hidup adalah pilihan,pilih sesuai kemampuan akal budi kita dan hati nurani,Firman Tuhan patokan hidup kita,lalu bertanggungjawablah terhadap apa yg kita pilih dan lakukan….cia you.
Tuhan serta