Ulangan 5:12 Tetaplah ingat dan kuduskanlah hari Sabat…Itu adalah hukum ke 4 yang mengatur hubungan kita(sebagai umat) terhadap Tuhan kita(sbg Pencipta).

Bercermin pada pengalamana diri sendiri,kadang kita bimbang benarkah hari Sabat itu hari Sabtu? Bukan hanya karena kemiripan huruf-hurufnya?
Kala kita buka kamus di belakang Alkitab,tertulis
Sabat adalah hari ketujuh,hari istirahat untuk orang Israel,berdasarkan Keluaran 20:8-11.Juga disebut tanda perjanjian Tuhan,Keluaran 31:12-17

Puji Tuhan,kemarin Pdt Dede saat Pelatihan Dialog Kebenaran membuka pengetahuanku dan menambah keyakinanku bahwa Sabat itu BENAR adalah Sabtu.
Dalam kamus Alkitab juga ,pada kata (H)ari Persiapan,tertulis Hari sebelum hari Sabat,jadi hari Jumat,dimana persiapan untuk Sabat(Matius 27:62) atau Paskah (Yoh 19:14)sudah dimulai.

Jadi jelas ,hari Sabat adalah hari Sabtu.

Ingat dan kuduskan hari Sabath,menurut Pdt Dede bukan juga berarti hanya diam dan tidak bekerja pada hari itu.
Tercermin juga di Lukas 6:9 Lalu Yesus berkata kepada mereka:”Aku bertanya kepada kamu:Manakah yang diperbolehkan pada hari Sabat,berbuat baik atau berbuat jahat,menyelamatkan nyawa orang atau membinasakannya?”
Dalam kontek jaman sekarang…Pada hari Sabat baiklah kita menguduskannya dengan datang kerumahNYA,memuji dan mendengar firmanNya,mengadakan pelayanan kepada sesama,berbuat kebaikkan pada alam dan sekitar…jangan berkutat dengan kerjaan dan keuntungan.
Masalah buka dan tutup kantor(sendiri) Pdt Dede punya pengalaman;ada jemaat yang mau menutup kantornya pada hari Sabat,tapi karyawannya protes,karena mereka tergantung pada bonus dan kehadiran.Solusinya….si Boss(jemaat) tetap ber Sabat dan kantor tetap buka dengan di handle karyawan.

Kapan hari Sabat mulai dan berakhir?….Paling gampang kata Pdt Dede:”Pada saat azan magrib hari Jumat(matahari terbenam),Sabat dimulai..dan berakhir pada azan magrib hari Sabtu.

Ps
Tulisan di blog ini mengenai agama Kristen dan GYS,bukan karena penulis sok suci/sok tau Alkitab,penulis hanya ingin berbagi(yang penulis dapat sebagai jemaat GYS dan juga dalam rangka menjalankan perintahNYA.
I Korintus 9:16 Karena jika aku memberitakan Injil,aku tidak mempunyai alasan untuk memegahkan diri.Sebab itu adalah KEHARUSAN bagiku.CELAKAlah aku,jika aku tidak memberitakan Injil.

Sharring dan masukkan diharapkan.