Tulisan ini didedikasikan kepada sesama pengikut Yesus dan sebagai balas jasa atas segala kasihNYA yang telah dan akan kami terima…mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi reader.
Syukur lagi bisa memudahkan “peran”Nya untuk memilih diantara kita untuk menjadi umat pilihanNya.

Tidak sedikit umat Yesus mengartikan Baptisan hanyalah sebuah simbol sebagai pengikutNYA,padahal baptisan adalah sebuah sakramen yang membawa pengampunan(dosa) dan membawa keselamatan kekal..seperti yang tertulis di Markus 16:16 Siapa yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan, tetapi siapa yang tidak percaya akan dihukum.

Baptisan hanya dilakukan 1(satu) kali seumur hidup, asal baptisan tersebut sesuai dengan Firman Tuhan. Kalau tidak sesuai berarti dimata Tuhan belum dibaptis.

Yesus adalah manusia yang tidak berdosa (siapa yang berani menyangkal? ayooo =_=) namun Ia juga di baptis, mengapa?
Untuk menggenapi kehendak Allah dan memberi teladan kepada kita seperti yang tertulis di Matius 3:15 Lalu Yesus menjawab, kataNya kepadanya:”Biarlah hal ini terjadi,karena demikianlah sepatutnya kita menggenapkan seluruh kehendak Allah”

Baptisan merupakan perintah Allah, makanya terus berlaku sampai sekarang ini (walau dengan berbagai cara)
Matius 28:19 Karena itu pergilah,jadikan semua bangsa muridKu dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus.
* Siapakah nama Bapa?….adalah Yesus …Yoh 17:11 “Dan Aku tidak ada lagi didalam dunia,tetapi mereka masih ada didalam dunia,dan Aku datang kepadaMu.Ya Bapa yang kudus,peliharalah mereka dalam namaMU,yaitu namaMu yang telah Engkau berikan kepadaKu,supaya mereka menjadi satu sama seperti Kita.
* Siapa nama Anak?…adalah Yesus…Lukas 1:31 “Sesungguhnya engkau akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki dan hendaklah engkau menamai Dia Yesus.
* Siapakah Roh Kudus? … adalah Roh Yesus…. Kis 16:6 “Mereka melintasi tanah Frigia dan tanah Galatia,karena Roh Kudus mencegah mereka untuk memberitakan injil di Asia.
ayat 7 :”Dan setibanya di Misia mereka mencoba masuk kedalam Bitinia,tetapi Roh Yesus tidak mengijinkan mereka”.

Jadi baptisan yang sesuai dengan firman Allah adalah Baptisan *Dalam nama Yesus Kristus* seperti yang dilakukan rasul Petrus di Kis 2:38 Jawab Petrus kepada mereka:”Bertobatlah dan hendaklah kamu masing-masing memberi dirimu dibaptis dalam nama Yesus Kristus untuk pengampunan dosamu,maka kamu akan menerima karunia Roh Kudus”

Yesus dibaptis di Sungai Yordan,padahal Yesus tau ada kolam Siloam dimana Ia menyembuhkan orang buta.Yesus dan Yohanes pembaptis masuk kedalam sungai (seperti banyak terukir di gereja-gereja tua saat kita ziarah ke Yerusalem), berarti di selam sesuai dengan arti kata baptis itu sendiri dalam bahasa Yunani yang berarti selam.

Bagaimana kalau banyak yang dibaptis? tidakkah Yesus mengerti soal kepraktisan?
Yesus mengerti soal kepraktisan karena Ia adalah Allah yang menjadi manusia (yang terdiri dari darah dan daging) makanya dijaman anugrah ini Yesus tidak lagi memerintahkan/memberi petunjuk bahwa untuk menghapus dosa, orang harus menebusnya dengan korban(hewan) bakaran dan korban penebus dosa….Betapa repotnya kalau hal tsb masih di lakukan.(bisnis yang terbaik mungkin adalah peternak sapi,lembu dan domba, burung tekukur dan burung merpati, karena pasti buanyaaakkkk demand nya :D)
Tapi baptisan tetap dikehendaki demikian seperti yang Yesus lakukan dan tertulis di Alkitab yang kita imani sebagai firman yang berasal dari Allah.
Petrus pernah membaptis 3.000 jiwa bersamaan dalam sehari seperti yang tertulis di Kis 2;41 Orang-orang yang menerima perkataannya itu memberi diri dibaptis dan pada hari itu jumlah mereka bertambah kira-kira 3.000 jiwa.

Mari kita hanya meneladani Yesus dan menurut pada FirmanNya (dibanding aturan2 dunia yang dibuat oleh manusia sesama kita, ciptaanNYA dan tradisi nenek moyang kita) … DIA lah penyelamat kita, jangan sampai apa yang kita lakukan(berbakti padaNya) menjadi sia-sia karena tidak di akuiNya.
Tuhan Yesus tidak akan memberi perintah yang tidak mungkin dilakukan umatNya.
Kemuliaan hanya bagi DIA yang Maha Esa dan Maha Kuasa.

Advertisements