Kemarin – kemarin baca kitab Imamat.Wadowwww aturannya! …..ketat dan njelimet, aturan tentang tata cara ibadah dan kekudusan hidup…kalo nggak percaya ,coba deh baca Imamat..ngga ada ruginya…nggak makan waktu lama.
Karena pengertianku nggak “level”..maka kuberanikan diri nanya ke para hamba Tuhan(thanks pada Pdt Nathan D,Pdt Misael dan Pdt Dede)
Rangkuman dari semuanya aku coba berbagi pada reader….mudah-mudahan tidak salah tangkap(mohon koreksi) kalau salah….

Kitab Imamat adalah salah satu kitab di Perjanjian Lama yang mengatur tata cara ibadah dan kekudusan hidup.
Tata cara ibadah yang menyangkut korban bakaran,korban sajian ,korban keselamatan,korban penghapus dosa dan korban penebus dosa,yang sangat memberatkan umat,semuanya itu telah ditebus oleh Yesus Kristus ketika Ia disalibkan.
Ada yang bilang Ishak khan telah dikorbankan lebih dulu sebagai korban bakaran …TIDAK! Domba lah pengganti Ishak sebagai korban bakaran (sesuai tata cara jaman yang berlaku).Yesuslah yang menebus kita dari ketentuan-ketentuan hukum tata cara ibadah yang super ketat yang rasanya mustahil kita jalankan dimasa sekarang ini(berapa banyak korban yang harus kita bakar untuk kesalahan yang kita perbuat selama hidup kita…bayangkan juga untuk para koruptor dan penyelenggara pemerintahan yang menyalahgunakan wewenangnya…bisa habis hari-hari kita hanya untuk membeli,menyembelih dan membakar korban)sebagai korban penebus kesalahan yang selalu kita buat….:P
Darah Yesuslah yang telah menebus kita seperti yang tertulis di Kolose 2:13 Kamu juga,meskipun dahulu mati oleh pelanggaranmu dan oleh karena tidak disunat secara lahiriah,telah dihidupkan Allah bersama-sama dengan DIA,sesudah Ia mengampuni segala pelanggaran kita;14 dengan menghapuskan surat hutang,yang oleh ketentuan-ketentuan hukum mendakwa dan mengancam kita.Dan itu ditiadakanNYA dengan memakukannya pada kayu salib.

Demikian juga tentang kekudusan hidup(hukum halal haram)….
Markus 7:14-15 similar Matius 15:11 “Dengar dan camkanlah: bukan yang masuk kedalam mulut yang menajiskan orang,melainkan yang keluar dari mulut,itulah yang menajiskan orang”
ayat 19 karena dari hati timbul segala pikiran jahat,pembunuhan,perzinahan,percabulan,pencurian,sumpah palsu dan hujat.

Jadi dengan terjemahan bebasku…”Kita hidup sekarang ini (dijaman anugrah) tinggal enaknya aja setelah pengorbanan Yesus Kristus,Allah Bapa kita dikayu salib.

Sebagai umat Kristen,tidak banyak yang dituntut dari kita selain menjalankan 10 perintahNYA dan melakukan pelayanan sebagai tanda syukur kita,mejalankan amanah agung untuk memberitakan injil keselamatan bagi bangsa-bangsa….hasilnya biar Tuhan yang pilih.
Gereja (Rumah Tuhan) yang baik adalah gereja yang hasil perpuluhan umatNYA(sesuai dengan firmanNYA di Maleakhi 3:10) digunakan untuk penginjilan dan penggembalaan dan juga diakoni yang hidup(berfungsi baik) agar bisa menyantuni janda ,anak yatim dan yang memerlukan agar namaNYA dipermuliakan,bukan untuk kemewahan para hamba Tuhan untuk “memamerkan” berkatNYA.Gimana?

Imanuel