Malam tadi KTB di rumah Rinny Sikwang,bahas soal dokrin/dogma GYS.
Aku adalah jemaat “instant”,di baptis karena Gunawan ingin “lapor” sudah punya istri kepada Bapa secara prosesi resmi dan diakuiNYA,dan pilihanku(ikut DIA dan dia)adalah Betul!! Thanks …^_^
Karena instant,pengetahuanku tentang bible sangat minim,terima kasih kepada para hamba Tuhan yang perlahan namun pasti melalui penyampaian firman yang bagus memberi/membagi pengetahuannya dalam rangka mempertinggi imanku (better late than never khan..~_~).Agar aku dan kami sekeluarga tetap mendapat bagian dalam DIA dan keselamatan kekal di “alam masa depan” yang menjadi tujuan akhir hidup kita.

Efesus 2:12 Bahwa waktu itu kamu *1(tanpa Kristus,tidak termasuk kewargaan Israel) dan *2(tidak mendapat bagian dalam ketentuan-ketentuan yang dijanjikan),*3(tanpa pengharapan) dan *4(tanpa Allah didalam dunia).

Penjelasan dalam kapasitas ku sebagai jemaat GYS dari penjelasan Pdt Dede dan Pdt Lukas.
*1 Kita,umat kristen sekarang sudah bersama Kristus dan sudah menjadi kewargaan Israel (secara rohani)..kapan?
Pada saat kita di Baptis (selam di air mengalir/hidup),meneladani baptis Yesus di sungai Yordan.
Yohanes 3:5 Jawab Yesus:”Aku berkata kepadamu,sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan dari air dan Roh,ia tidak dapat masuk kedalam Kerajaan Allah”
I Yoh 5:8 Dan ada tiga yang memberi kesaksian dibumi]:Roh dan air dan darah dan ketiganya adalah satu…
Baptisan bearti kita “lahir” kembali dalam nama Yesus Kristus dari “kematian” kita secara rohani.
Matius 3:16 Sesudah dibaptis,Yesus segera keluar dari air dan pada waktu itu juga langit terbuka dan Ia melihat Roh Allah seperti burung merpati turun ke atasNya.
Roma 6:5 Sebab jika kita telah menjadi satu dengan apa yang sama dengan kematianNYA,kita juga akan menjadi satu dengan apa yang sama dengan kebangkitanNYA.
Yohanes 19:30 Sesudah Yesus meminum anggur asam itu,berkatalah Ia:”Sudah selesai.”Lalu Ia menundukkan kepalaNYA dan menyerahkan nyawaNYA.
Kis 2:38 Jawab Petrus kepada mereka:”Bertobatlah dan hendaklah kamu masing-masing memberi dirimu dibaptis dalam nama YESUS KRISTUS untuk pengampuanan dosamu,maka kamu akan menerima karunia Roh Kudus.

Berdasarkan ayat-ayat diatas maka GYS melakukan baptis air(selam)di air hidup/mengalir oleh hamba Tuhan yang dipenuhi Roh Kudus,dalam nama Yesus Kristus dengan posisi selam menunduk dan banyak sesama jemaat GYS bahkan ada jemaat gereja luar yang bersaksi telah diberi penglihatan ajaib bahwa air pada saat baptisan merubah menjadi merah darah…Haleluya….

*2 Sakramen yang diadakan GYS setelah baptisan adalah Sakramen basuh kaki,dilakukan oleh para pekerja kudus/hamba Tuhan,agar kita mendapat bagian dalam ketentuan-ketentuan yang dijanjikan….

Mula-mula Petrus merasa”aneh”,Tuhan mau membasuh kaki seorang hambaNYA,padahal Yesus sudah membasuh sebagian kaki murid-murid yang lain,seperti yang tertulis di Yoh 13:6 Maka sampailah Ia kepada Simon Petrus.Kata Petrus kepadaNYA:”Tuhan,Engkau hendak membasuh kakiku?”.
Karena dulu hanya ada 3 jalur basuh kaki…murid kepada Guru,istri kepada suami dan hamba kepada tuannya.(penjelasan pdt Dede)
Yoh 13:8 Kata Petrus kepadaNya:”Engkau tidak akan membasuh kakiku selama-lamanya”.Jawab Yesus:”Jikalau Aku tidak membasuh engkau,engkau tidak mendapat bagian dalam Aku”
Yesus juga menegaskan di ayat 14 Jadi jikalau Aku membasuh kakimu,Aku yang adalah Tuhan dan Gurumu,maka kamupun wajib saling membasuh kakimu
Ayat 15 sebab Aku telah memberikan suatu teladan kepada kamu,supaya kamu juga berbuat sama seperti yang telah Kuperbuat kepadamu.

*3 Pengharapan kekal kita termuat dalam sakramen Perjamuan Kudus.
Yoh 6:54 barangsiapa makan dagingKU dan minum darahKU,ia mempunyai hidup yang kekal dan Aku akan membangkitkan dia pada akhir zaman.
Lukas 22:19 Lalu Ia mengambil roti(Paskah=tidak beragi),mengucap syukur,memecah-mecahkannya dan memberikannya kepada mereka,kataNYA,:”Inilah tubuhKu yang kuserahkan bagi kamu;perbuatlah ini menjadi peringatan akan Aku“.
ayat 20 Demikian juga dibuatNya dengan cawan(yang berisi hasil pokok anggur) sesudah makan:Ia berkata:”Cawan ini adalah perjanjian baru oleh darahKu,yang ditumpahkan bagi kamu.Baca juga I Kor 11:24-26.

*4 *Allah didunia* ada disetiap hati kita umat yang percaya pada Yesus Kristus,saat kita menerima Roh Kudus.
I Yoh 3:24 Barangsiapa menuruti segala perintahNya,ia diam didalam Allah dan Allah didalam dia,Dan demikianlah kita ketahui,bahwa Allah ada didalam kita,yaitu Roh yang telah Ia karuniakan kepada kita.
Roma 8:9 Tetapi kamu tidak hidup dalam daging,melainkan dalam Roh,jika memang Roh Allah diam didalam kamu.Tetapi jika orang tidak memiliki Roh Kristus,ia bukan milik Kristus.

Terakhir…Kuduskan hari Sabath..adalah perintah ke 4 dari 10 perintah Allah…Kel 20:8 “Ingatlah dan kuduskanlah hari Sabat”.
Tuhan juga memberkati dan menguduskan hari sabat seperti yang tertulis di
Kej 2:3 Lalu Allah memberkati hari ketujuh itu dan menguduskannya……
Keterangan lebih lengkap dan rinci,baca disini.

Gimana To(Toto S yang juga hadir di KTb) dan mohon koreksi dari para reader yang lebih senior…..
Mudah-mudahan memberi manfaat,ini ditulis
Thank u….love u all..Tuhan berkati