Orang kristiani ber tuhan 3….demikian kata-kata orang yang tidak mengerti,membuat kuping kita “merah”.
Mereka menyoal tentang Tritunggal:Bapa,Putra/Anak dan Roh Kudus.

Aku ada penjelasan yang bagus yang aku dapat dari pdt Nathan Jurnawan (penulis buku “Rahasia dibalik pencobaan” dan “Natal,haruskah dirayakan?”)Mudah-mudahan berkenan dihati pembaca.

Konsep Tritunggal yang dijabarkan beliau bukanlah 3 menjadi 1 (seperti selama ini banyak disalahtafsirkan orang) melainkan 3 ADALAH 1 artinya 1 pribadi(Allah) dengan 3 fungsi/sebutan.
Dengan contoh analogi duniawi sbb:
Seorang pendeta/hamba Tuhan pada waktu kotbah di mimbar ,beliau bertindak sebagai KEPALA JEMAAT/GEMBALA.Pada saat beliau pulang kerumah,kepada istrinya,beliau sebagai SUAMI,dan untuk anak-anaknya ,pendeta dan suami tadi adalah seorang AYAH.
1 pribadi(pendeta) adalah 3 fungsi(Kepala Jemaat,suami dan ayah)

Kita,umat kristiani penganut Allah Tunggal/Esa, seperti yang tertulis di Ulangan 6:4 Dengarlah,hai orang Israel: TUHAN itu Allah kita,TUHAN itu esa!

Allah sebagai BAPA — bekerja pada zaman Perjanjian Lama,masa penciptaan,dimana Allah mencipta langit,bumi dan seluruh isinya.

Allah sebagai ANAK — pada masa transisi,masa penebusan dosa/penyelamatan umat manusia.Allah menjelma menjadi manusia Yesus Kristus.
Pengampunan/penyelamatan manusia dari dosa hanya bisa dilakukan melalui media darah(Ibrani 9 : 22)yang suci,yang tidak bernoda = darah korban bakaran,darah anak domba — darah hewan adalah suci karena hewan tidak makan buah larangan.
Karena Allah adalah ROH (tidak berdarah) maka DIA menjelma menjadi manusia Yesus Kristus(berdarah)melalui rahim perawan suci Maria.
Darah Yesus adalah suci karena berasal dari ROH, darah inilah yang dikucurkan sebagai penebus dosa kita. Untuk itulah DIA hadir didunia ini, sebagai PENYELAMAT kita.
I Yoh 4 : 9 …….,yaitu bahwa Allah telah mengutus anak-Nya yang tunggal kedalam dunia,supaya kita hidup oleh-Nya
I Yoh 4 : 14 Dan kami telah melihat dan bersaksi, bahwa Bapa telah mengutus Anak-Nya menjadi Juruselamat dunia.

Allah sebagai ROH KUDUS — bekerja pada masa Perjanjian Baru, masa pencurahan anugrah.
Roh Kudus dicurahkan pertama kali pada hari Pentakosta, hari kebangkitan DIA dari kematian,setelah firman Allah digenapi…Yesus mati disalib dikayu salib dan dari lambungnya mengucur darah dan air.
Roh Kudus adalah penuntun gereja dan umat kristen dijaman anugrah ini,
Yoh 14 : 26 tetapi penghibur,yaitu Roh Kudus,yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-KU,DIA lah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.
I Yoh 4 : 13 Demikianlah kita ketahui, bahwa kita tetap berada didalam Allah dan Dia didalam kita:Ia telah mengaruniakan kita mendapat bagian dalam Roh-Nya(he has given us of his Spirit).
Tetaplah berusaha memohon Roh Kudus dihatimu sebagai jaminan bahwa kita adalah milik Kristus.(Roma 8 : 9  Tetapi kamu tidak hidup dalam daging, melainkan dalam Roh, jika memang Roh Allah diam di dalam kamu. Tetapi jika orang tidak memiliki Roh Kristus, ia bukan milik Kristus.  )

Akhir kata…..
“Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu (4 perintah Allah yang pertama) . Itulah hukum yang terutama dan yang pertama. Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri (Enam perintah sisanya). Pada kedua hukum inilah tergantung seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi.(Matius 22:37-40).

Haleluya!!

Advertisements