“Kenapa ya di alkitab yang selalu disebut dan diistimewakan adalah bangsa Israel? “,tanya salah satu jemaat saat KTB.

Oleh pendeta Dede dijelaskan…..bahwa memang tertulis di alkitab bahwa bangsa Israel adalah bangsa pilihan Tuhan(pada awalnya). Ulangan 14 ; 2 sebab engkaulah(bangsa Israel) umat yang kudus bagi TUHAN, Allahmu, dan engkau dipilih TUHAN untuk menjadi umat kesayangan-Nya dari antara segala bangsa yang di atas muka bumi.”

Dan juga Yesus,sumber keselamatan kita adalah turunan Yahudi, Yohanes 4 ; 22 ……..sebab keselamatan datang dari bangsa Yahudi.

Tapi karena kasih Allah,keselamatan bukan hanya bagi bangsa Israel,lalu keluarlah perintah di
Matius 28 ; 19 karena itu pergilah,jadikanlah semua bangsa muridKU dan baptislah mereka dalam namaBapa dan Anak dan Roh Kudus.

Karena bangsa Yahudi bersalah dan tidak menuruti kemauan Allah, maka bangsa-bangsa lain diberkati oleh Allah.Baca Roma 11 ; 11 – 24 dengan judul perikop Israel tersandung,bangsa-bangsa lain selamat.

Sampai sini,si jemaat bertanya lagi…”Kenapa sebagai bangsa pilihan,bangsa Israel suka berperang?”
“Karena orang Israel tidak mengakui Perjanjian Baru(yang berbasis KAsih).
Mereka masih berpegang pada hukum Perjanjian Lama….mata dibayar mata,darah dibayar darah,mereka masih menunggu kedatangan Mesias mereka(makanya mereka selalu meratap di tembok ratapan memohon kedatangan juru selamat mereka).

Kita adalah Israel secara rohani,”zaitun liar” yang dicangkokkan ke dahan “zaitun asli” yang berbasis pada “akar kudus”, oleh iman kita. Jadi…tingkatkanlah iman kita dengan menuruti dan menjalankan perintah-perintaNYA serta menjauhi laranganNYA.

Bagaimana? ada masukan yang lain?……
Haleluya