Hanya ada dua keadaan dimana perintah kita dijalankan oleh orang lain atau orang yang kita beri perintah.
1.Karena merasa takut
2.Karena perintah itu memang bagus dan layak untuk dijalankan…bahasa egois nya..kita mempunyai wibawa yang “pas” untuk memberikan perintah tersebut ^_^.

Dijaman era demokrasi sekarang ini,bahkan memberi perintah kepada anak balita pun tidak segampang jaman baheula.
Tidak percaya? coba tanya kepada yang sudah ber”pangkat” opa dan oma, mana yang lebih gampang ….memberi perintah kepada anak-anak mereka dulu atau kepada cucu-cucu mereka sekarang?
Anak-anak sekarang sudah kritis,mereka sudah bisa menimbang-nimbang apakah perintah tersebut layak dilaksanakan(mudah dan menguntungkan mereka) atau tidak.

Kebebasan kita berpendapat adalah harga diri kita yang paling tinggi yang dianugrahkan Tuhan kepada diri kita sebagai pribadi,makhluk ciptaanNYA yang paling sempurna.Tak ada seorangpun yang boleh merampasnya dari kita(tanpa seijin kita).

Sebaliknya sebagai orang dewasa yang mengaku kristen,bukan CUMI(CUma MIrip) kristen seperti yang di kotbahkan pak Mulyadi di Pos Pelayanan Gatot, semestinya kita tidak boleh bangga ketika seseorang melaksanakan perintah kita hanya karena merasa takut.
Orang tua yang baik bukan menanamkan rasa takut kepada anak-anak mereka dan tidak takut kepada orang tua bukan berarti kurang ajar.
I Yohanes 4:18 Didalam kasih tidak ada ketakutan:kasih yang sempurna melenyapkan ketakutan:sebab ketakutan mengandung hukuman dan barang siapa takut,ia tidak sempurna didalam kasih.
Bukan rahasia lagi…tidak gampang menjadi orang tua jaman sekarang….Anak-anak sekarang butuh dan perlu TELADAN, sinkron antara perkataan dan prilaku sehari-hari.
Perkataan adalah hasil olah otak atas bahan yang ada di hati kita yang keluar dari mulut kita dan menjadi prilaku kita yang terlihat,terbaca dan menjadi ukuran/nilai orang-orang disekitar kita terhadap diri kita.

Matius12:37 Karena menurut ucapanmu engkau akan dibenarkan,dan menurut ucapanmu pula engkau akan dihukum.

Amsal 27:19 Seperti air mencerminkan wajah,demikianlah hati manusia mencerminkan manusia itu.

Bagaimana dengan anda?
Tuhan berkati selalu …………..