“Banyak perkara…yang tak dapat kumengerti….mengapakah harus terjadi…di dalam kehidupan ini……
Satu perkara…yang kusimpan dalam hati….tiada sesuatu kan terjadi…..tanpa Allah peduli……………”
demikian sepenggal syair lagu rohani yang menjadi favorit telingaku.

Dalam kehidupan ini tidak sedikit moment dimana kita merasa Allah tidak peduli kepada kita,kenapa kesesakan tidak pernah jauh dari kita? Mengapa harus kita? dan banyak lagi “mengapa” yang kita pertanyakan kepada Tuhan.
Kita merasa segala perbuatan baik(menurut ukuran kita)yang telah kita perbuat ,tidak mendapat “nilai” dari Tuhan.

Pengkhotbah 3 ayat 11 mengatakan : Ia membuat segala sesuatu indah pada waktunya………

Sebelum waktunya tersebut tiba,itulah moment dikala kita merasa dalam kesesakan,kita merasa di uji,banyak kritikan yang kita terima.Saat itu adalah saat Tuhan sedang “bekerja” pada kita,mempersiapkan segala kebutuhan kita.Mempersiapkan karakter kita agar layak menerima berkatNYA,jangan sampai berkat yang dicurahkanNYA menjadi kutuk,karena ketidakmampuan karakter kita untuk menyandangnya.
Kalau kita pasrah ,tetap bertahan dan tetap focus,tetap membuka hati dan pikiran kita,niscaya semua proses(ujian dan kritikan) tersebut akan memberi kita hikmah (bahan untuk introspeksi diri) dan akan menjadi landasan yang kuat untuk kita menjalani kehidupan selanjutnya,kita akan menjadi manusia baru yang lebih baik(diharapkan!).

Ada kata bijak….“Anak tangga diciptakan agar kita bisa menuju tempat yang lebih tinggi” ,untuk mencapai tempat tinggi itu,kita perlu mengeluarkan usaha dan tenaga.Makin tinggi tempat yang ingin kita capai,makin banyak tenaga dan usaha yang harus kita keluarkan.

Yang perlu kita ingat….Jangan sampai moment kesesakan kita tersebut menjadi sia-sia, dalam artian….setelah kita melewati masa-masa sulit tersebut kita tidak menjadi manusia baru yang lebih baik….
Bukan harus menjadi sempurna(Hanya Tuhan yang sempurna),tapi menjadi sedikit lebih baik, lebih baik , lebih bijak…dalam berkata-kata,dalam berprilaku,dalam bertanggung jawab terhadap segala perbuatan kita.

Apapun keadaan,kesesakan yang sedang dihadapi,tetaplah bertahan(selalu turut firmanNYA),berharap dan percaya bahwa DIA pasti sediakan yang terbaik bagi kita.

Ini hanya curahan hati dan pikiranku….mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi pembaca.
Tuhan berkati