Segala sesuatu terjadi bukan tanpa kehendak NYA….
Alam pun dapat memberi hikmah dan makna kehidupan bagi kita kalo kita menghayatinya.
Begini ceritanya………..
Danau Galilea adalah sumber kehidupan rakyat Israel,sumber airnya hanya berasal dari hujan dan salju yang mencair dari dataran tinggi Golan, benar-benar berasal dari anugrah NYA,makanya tour guide kita waktu itu si Philip minta di doakan agar hujan yang datang di Indo yang selalu bikin masalah/banjir agar dipindahkan ke Israel ^_^ ,supaya Danau Galilea punya simpanan air yang banyak.
Dari danau inilah melalui aliran sungai Jordan,air mengalir ke Laut Mati.
Kalo secara kasar ,dapat digambarkan  O——->O (D Galilea –>S Jordan –>Laut Mati)
Secara logika…laut mati yang hanya menerima kiriman air,seharusnya makmur,dan akan luber melimpah ruah…apalagi letaknya 400m dibawah permukaan Laut Tengah
Fakta nya…. di Laut Mati tidak ada kehidupan dan air nya terus menyusut(alias defisit terus),karena kadar garam yang tinggi,jadi tingkat penguapan nya juga tinggi.
Justru di Danau Galilea(yang hanya memberi) dan di Sungai Jordan(yang menerima dari D Galilea dan memberi ke Laut Mati) terdapat kehidupan (tumbuhan dan ikan) yang menjadi sumber nabati dan hewani bagi rakyat Israel.
Demikian juga hendaknya kita sebagai manusia,makhluk ciptaan NYA yang paling mulia…hendaknya kita bisa sebagai sumber berkat bagi saudara kita yang lain,yang memerlukan dan layak menerima karena kita telah menerima berkat berlimpah dari NYA …jangan hanya sebagai penerima berkat.Hendaknya kita sebagai Sungai Jordan..menjadi penyalur berkat.
Bagaimana?
Mulia lah TUHAN kita yang Esa,sang Pencipta dan Maha Kuasa.